Sabtu, 29 September 2012

Cukup sekadar Senyum :)

Walau siapa yang sedang dalam kepahitan, perit dan banyak hal merungsing dan memeningkan. Raut wajah tetap dalam keadaan senyum. Ia sudah cukup menceriakan, mengembirakan, melegakan dan telah menghadirkan berbagai sangkaan dan harapan baik dari seseorang, dan memaniskan keadaan. Hingga dan mudah dapat merubah keadaan dan meredakan marah perasaan. Menenangkan dan menghilangkan kebimbangan. Itulah penting dan berharganya dengan sekadar hanya senyuman. Disebalik ia selalu disandarkan kepada adat, ia adalah seruan dan didikan Sunnah Nabi Kita Muhammad saw yang telah pun lama dahulu. Yang amat cukup cantik, menarik dan hebat. Tiap sunnahnya mempunyai hikmah dan makna yang cukup besar. Begitu indah apa yang telah disarankan Nabi saw. Kesan dari sekadar senyuman. Pahala diraih dengan kemuliaan akhlak, ia disuka orang.




Dari Abu Dzar ra, Rasulullah saw bersabda: “Engkau tersenyum di depan saudaramu adalah sedekah. (Hr al-Bukhari dari Kitab Adaabul Mufrad, ibn Hibban dalam sahihnya. Hadis hasan gharib) 

Setiap segala pahala dan ganjaran yang dijanjikan, lalu dikejarkan, maka semuanya adalah telah dan akan untuk menjadikan seseorang itu amat cukup tinggi, mulia dan baik akhlaknya. Tiada dibenci orang dan tiada khianatkan orang, hidup dalam rahmat Tuhan. Disebalik ada rasa nikmat sendiri dari amalannya. Lahir secara sendiri kehebatan, kemuliaan dari luar, saling hormat, sangka baik dan rendah diri. Bersamanya rahmat, pertolongan dan ganjaran dari Allah. Tiap segala kesungguhan kita usaha berubah jadi orang baik, buat yang betul dan baik, melaksanakan tuntutan Islam. Mendapat ganjaran, pertolongan dan keindahan hidup, tidak didunia, di akhirat yang sudah pasti sedang menanti kelak. Tiap segalanya yang lain adalah untuk membentuk kita dan mengingatkan kita hakikat dunia dan hidup dalam dunia ini. Segala suruhan dan larangan Allah dan Rasul, punya banyak makna yang tersirat dan tersurat. Sebab Allah lah yang telah menjadi segalanya ini semua. Rutin cari nafkah, tolong orang, makan tangan kanan, makan yang halal, dan segala sudut hal lain lagi, tidak sia-sia segalanya.



Akhirnya, sama-sama kita sirati betapa indahnya akhlak dan pesan dari Nabi Muhammad saw. 


Kata Jarir bin Abdillah: “Sejak aku menjadi muslim, tidak pernah Rasulullah saw berjumpa denganku melainkan senyum padaku”. (Hr al-Bukhari dan Muslim) 

Kata Abdullah bin al-Harith: “Aku tidak pernah melihat seseorang lebih banyak senyuman daripada Rasulullah saw”. (Hr at-Tirmidzi, sahih)


Aisyah ra meriwayatkan: Aku sama sekali tidak pernah melihat Rasulullah saw berusaha untuk membalas kezaliman yang Baginda terima selama mana ia tidak menyebabkan larangan Allah dilanggar. Jika larangan Allah dilanggar, maka Bagindalah yang paling keras mengungkapkan kemarahan. Jika Baginda berhadapan dengan dua pilihan, maka Baginda akan memilih yang paling mudah selama mana ia tidak menyebabkan dosa. (Hr al-Bukhari dan Muslim) 


“Janganlah kamu menganggap remeh kebaikan seseorang, walau sekadar dia menampakkan senyuman ketika bersua denganmu”. (Hr Muslim dalam al-Bir wash-Shillah no 2626, Hadis ini dinilai sahih oleh Sheikh Nasiruddin al-Albani dalam kitab Sahihul-Jami' al-Shaghir no 7634) 


Ada kata hikmah:

“smiling is your way to success”
ابتسامتك هي طريقك للنجاح

How can I hate a person who smiles at my face
كيف يمكنني أن أكره إنساناً يبتسم في وجهي ؟

Senyumlah... :) 


12 Zulkaedah 1433 H bersamaan 28 September 2012 M 

Jumaat, 09.45 pm. Sana’a, Yaman.

1 ulasan:

  1. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga fraustrated karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya SATU BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah Ratu Lisa Efendi
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasPadam